Site Loader
CHAT

Database MySQL pasti tidak asing lagi bagi para developers nasional maupun internasional. Faktanya database MySQL merupakan database yang sering digunakan ketika belajar coding.

Database Manager sangat diperlukan untuk mengelola database,hal ini digunakan untuk melihat serangkai an skema maupun struktur serta data di dalam database.

Sebenernya untuk mengelola database tidak hanya bisa dilakukan melalui aplikasi namun bisa lewat command line, tapi akan sedikit repot jika tidak biasa dengan perintah di terminal.

didikprabowo.com telah merangkum database manajemen untuk mengelola database MySQL dan pastinya sudah pernah saya lakukan.

5 Aplikasi Terbaik untuk mengelola Database MySQL

1. PhpMyAdmin

PhpMyAdmin merupakan database manager yang populer atau banyak yang menggunakan. PhpMyAdmin bawaan XAMPP ketika kita menggunakan paket XAMPP untuk menjalankan secara lokal. Tidak hanya MySQL saja dukungan yang ada yaitu MySQL, MariaDB, dan Drizzle.

PhpMyAdmin merupakan aplikasi database manajer berbasis website, yang tentunya harus menggunakan browser untuk mengakses.

Kelebihan PhpMyadmin

  • Mudah menginstal dan mengelola lingkungan hosting
  • Karena berbasis web, dapat diakses dari hampir semua komputer.
  • Dapat menjalankan query secara langsung.

2. MySQL Workbench

Aplikasi ini berbasis GUI dengan interface tampilan berbasis dekstop. Aplikasi ini sangat mendukung untuk database MySQL.

Aplikasi ini dapat jalan di sistem operasi Windows, Linux dan MAC OS.

Kelebihan MySQL Workbench

  • Dapat menyimpan kode query.
  • Dapat mengakses database dari jarak jauh.
  • Dapat menyimpan lebih dari satu koneksi.

Yang saya suka menggunakan MySQL Workbench yaitu dapat membuat skema relasi data yang bagus. Jadi diagramnya akan terlihat lebih rapi.

3. SQLyog

SQLyog merupakan aplikasi untuk mengelola database yang berbasis dekstop(GUI). Terdapat 3 jenis paket aplikasi ini yaitu Professional,Enterprise dan Pro. Anda dapat memilih salah satu paket sesuai kebutuhan anda.

Aplikasi ini hanya dapat dijalankan di sistem operasi windows, sebagai percobaan saya pernah menginstall aplikasi SQLyog ini di windows 10 dan 8.

Kelebihan SQLyog

  • Berjalan cepat dan ringan.
  • Harga sepadan dengan fitur.
  • Banyak fitur handal.
  • Dapat mengelola lebih dari satu koneksi database.

4. Valentina Studio

Valentina studi memiliki fitur yang sangat powerfull untuk mengelola database, baik MySQL maupun Maria DB.

Aplikasi ini dapat dijalankan disemua sistem operasi.

Aplikasi ini bisa anda gunakan baik gratis maupun berbayar, tentunya sangat berbeda fitur antara gratis dengan yang berbayar. Paket berbayar pada aplikasi ini yaitu pro dan universal.

Kelebihan valentina studio

  • Tampilan yang menarik.
  • Powerfull.

5. MySQL Front

Aplikasi MySQL Front ini tidak kalah menarik dengan aplikasi lainnya. MySQL Front menawarkan UI yang lebih disempurnakan daripada kerangka kerja berbasis PHP dan HTML (misalnya phpMyAdmin).

MySQL Front dapat menangani perintah dengan cepat, tentunya kecepatan ini untuk hal pemrosesan data, seperti export dan import.

MySQL Front end untuk saat ini hanya dapat dijalankan di sistem operasi windows saja.

Kelebihan MySQL Front

  • Mendukung import dan export banyak format file.
  • Memiliki fitur untuk meningkatkan database.

Ada 5 Software terbaik yang dapat anda gunakan untuk mengelola database, silahkan pilih sesuai yang anda minati.

Terima Kasih.

Post Author: Didik Prabowo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About

Didik Prabowo merupakan situs web yang menyajikan informasi dan tutorial pemrograman, Teknologi dan SEO serta membahas Web Design HTML, CSS dan Javascript.
Situs ini juga menyajikan Informasi mengenai pengguna linux.