Site Loader
CHAT

Salah satu diantara banyak profesi seseorang di dunia yaitu menjadi seorang programmer, dimana profesi ini mempunyai potensi yang relatif tinggi dalam dunia kerja. Tidak jarang apabila seseorang menekuni dunia ini. Bahkan sekarang banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta membuka program studi mengenai programming, seperti Teknik Informatika. Dengan adanya program studi ini diharapkan seorang mahasiswa memiliki kemampuan baik secara teknis maupun non teknis.

Menjadi seorang programmer tidaklah semudah membalikkan telapak tangan melainkan harus belajar secara bertahap untuk menghasilkan kemampuan yang profesional. Untuk menjadi seorang programmer yang handal bukan hanya memahami satu teknologi atau bahasa pemrograman melainkan harus mengikuti perkembangan teknologi sesuai masanya. Belajar Programing ibarat seseorang minum air sedikit-sedikit sampai air habis, ketika air sudah habis maka dapat dituangkan kembali.

Persiapan secara fisik penting dilakukan untuk menjadi seorang programmer, di mana seorang programer tidak jauh dengan yang namanya duduk depan laptop maupun PC. Tidak jarang jika seorang programmer mengalami kurang sehat di bagian fisik. Maka dari itu persiapan fisik yang dibutuhkan dan diimbangi dengan kegiatan lain, misalnya melakukan olahraga secara rutin.

Bicara mengenai programmer tidak jauh dengan namanya koding, koding sendiri berarti penulisan sintak. Penulisan sintak terhadap tujuan yang diinginkan. Ketika mengetikan perintah demi perintah maka akan dihasilkan suatu aplikasi maupun layanan yang dapat membantu pekerjaan. Hasil karya seorang programmer berupa aplikasi , situs website , dan sistem informasi.

1. Persiapan Perangkat yang dibutuhkan

Persiapan perangkat keras maupun lunak hal yang harus ada untuk menjadi seorang programmer, dimana perangkat keras berfungsi untuk mengendalikan sebuah operasi pada perangkat lunak. Semakin baik perangkat keras yang digunakan semakin nyaman digunakan. Persiapan perangkat keras meliputi
  •  Laptop atau PC
  •  Mouse
  •  Keyboard
  •  Alat bantu lainnya, seperti mesin cetak

Sedangkan Secara umum perangkat lunak yang dibutuhkan untuk membuat suatu aplikasi yaitu

  • Web Browser , digunakan untuk menjalankan aplikasi atau situs website yang ingin di bangun.
  • Microsoft Office, digunakan untuk perencanaan suatu aplikasi yang ingin dibangun. Penulisan sebelum pengkodean ini dilakukan guna memberi gambaran aplikasi yang ingin di bangun. Misalnya membuat aplikasi toko online, maka harus diidentifikasi terlebih dahulu fitur yang ingin di pakai.
  • Corel Draw atau Photoshop, digunakan untuk membuat gambaran kasar aplikasi yang ingin dibangun. Gambaran sebuah produk aplikasi yang biasa di sebut prototipe.
  • Text Editor, digunakan untuk menulis pengkodean
  • Aplikasi Terkait, aplikasi ini disesuaikan dengan sistem atau aplikasi yang ingin dirancang, misalnya ingin membuat aplikasi android maka salah satu aplikasi nya yaitu android studio.

2. Belajar Konsep Algoritma dasar

Algoritma merupakan urutan atau langkah-langkah yang dilakukan secara berurutan untuk mencapai tujuan. Ilustrasi mengenai algoritma dapat digambarkan melalui flowchart kemudian diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman tingkat atas, seperti C atau C++. Di dalam bahasa program C terdapat beberapa jenis atau metode pemrograman dari dasar sampai mahir. Untuk belajar algoritma secara dasar untuk bahasa pemrograman C perlu dipersiapkan sebuah aplikasi untuk menjalankan program, salah satu nya dev C++.

Hasil belajar algoritma belum menunjukkan sebuah produk aplikasi melainkan menunjukkan hasil akhir suatu algoritma, biasanya berjalan di sebuah console. Dengan belajar algoritma maka akan membuat logika dapat berkembang dan memunculkan alur-alur atau ide untuk menuntaskan suatu permasalahan. Belajar algoritma tentunya tidak lepas dengan Matematika, biasa yang erat dengan pelatihan algoritma yaitu matematika diskrit. Di Matematika diskrit di erapakan banyak studi kasus untuk dapat diselesaikan, Misalnya mencari jalur terpendek, Konsep atau alur yang berkaitan sudah dipaparkan di matematika kemudian dapat diimplementasikan dengan bahasa program.

3. Menentukan jenis pemrograman yang diminati.

Pemrograman dapat dibagi menjadi 3 jenis pemrograman yaitu Pemrograman Web, Desktop dan mobile. Setiap jenis pemrograman memiliki karakter dan bahasa yang berbeda. Namun tidak menutup kemungkinan ada bahasa yang dapat dijalankan di beberapa jenis pemrograman. Untuk memilih jenis pemrograman yang diminati dengan cara melihat hasil produk, misalnya ingin membuat sistem informasi maka yang cocok adalah pemrograman web.

a. Pemrograman Web

Pemrograman Web merupakan program atau layanan yang berjalan melalui protokol http yang ditampilkan di browser. Untuk menjalankan atau dalam tahap pembuatan dapat dijalankan tanpa terhubung dengan internet namun menggunakan host local. Berikut ini langkah yang perlu dipahami untuk menjadi seorang programmer web.

1) Mempersiapkan perangkat lunak

Untuk membuat aplikasi berbasis web tentunya memerlukan dukungan bantuan guna untuk terwujudnya aplikasi yang diharapkan. Aplikasi yang perlu dipersiapkan yaitu XAMPP. Dengan menggunakan aplikasi XAMPP maka sistem dapat diakses tanpa terhubung dengan koneksi internet.

2) Memahami bahasa program HTML, CSS dan Javascript.

Pertama kali bahasa yang perlu dipelajari yaitu belajar HTML, HTML merupakan dasar untuk menampilkan kode menjadi sebuah aplikasi. Tag HTML dapat dipadukan dengan CSS, CSS berfungsi untuk memperindah sebuah tampilan. Sedangkan Javascript sendiri guna untuk membuat aplikasi lebih sempurna karena bersifat fundamental.

Dengan memperpadukan antara HTML, CSS dan javascript sudah mendapatkan hasil yang berupa halaman web, namun halaman web sifat nya lebih status. Halaman web statis tidak dapat menampilkan konten secara berubah-ubah. Apabila ingin mengubah suatu konten maka harus mengedit kodingan yang dibangun.

3) Belajar PHP dan MySQL

Halaman web yang baik tentunya menampilkan sebuah konten yang dinamis, dimana konten dapat berubah tanpa harus mengubah struktur kode yang telah dibangun. Penggunaan PHP dan MySQL dapat membuat halaman website menjadi dinamis. PHP merupakan bahasa pemrograman yang dapat terhubung dengan database MySQL. Peran PHP dalam pembuatan halaman web yaitu memberi perintah terhadap query MySQL. Query yang dihasilkan ditampilkan dalam bentuk HTML, sehingga dapat menampilkan konten sesuai yang diharapkan.

4) Mengunggah halaman web ke situs online

Halaman wen tentunya ingin dinikmati pengguna sesuai tujuan dalam perancangan, misalnya website berita. Tentunya berita yang di suguhkan ingin dinikmati secara publik. Agar halaman web dapat diakses secara online maka anda harus mengunggah ke situs penyedia layanan domain dan hosting. Domain merupakan alamat yang ingin dikunjungi sedangkan hosting merupakan penyimpanan data. Saat ini banyak situs web yang menawarkan hosting baik yang gratis maupun berbayar.

b. Pemrograman Dekstop

Pemrograman dekstop merupakan sebuah program yang dijalankan di PC atau laptop yang tertanam di sebuah penyimpanan. Aplikasi desktop mempunyai ekstensi format .exe. Aplikasi desktop dapat dijalankan secara online atau tidak tergantung fungsi aplikasi tersebut. Berikut ini Cara belajar pemrograman dekstop.

1) Memilih Bahasa pemrograman

Pemrograman Desktop mempunyai beberapa bahasa pemrograman. Jenis bahasa program yang sering digunakan yaitu Java,. Net dan Visual Basic. Setiap bahasa program dekstop mempunyai tata cara penulisan yang berbeda. Untuk memilih bahasa program yang ingin digunakan yaitu dengan membaca sintak program orang lain, setelah itu temukan kenyaman pengkodean bahasa program yang dirasa cocok.

2) Menginstall Tools pendukung

Tools pendukung dapat berupa aplikasi. Sesuaikan jenis bahasa program sesuai aplikasi yang digunakan, misalnya ingin membuat menggunakan bahasa java maka tools yang tepat digunakan yaitu aplikasi netbeans.

3) Install aplikasi yang sudah di buat

Setelah selesai dalam tahap pengkodean maka aplikasi dianggap jadi walaupun belum sempurna. Jalankan aplikasi anda dan review apa yang belum sesuai harapan. Pertama pembuatan aplikasi dipastikan aplikasi tersebut belum sempurna, maka perbaiki aplikasi dan review lagi sehingga menghasilkan aplikasi desktop yang sesuai harapan.

c. Pemrograman Mobile.

Aplikasi mobile menjadi sangat favorit setelah keluarnya smartphone android. Maka menjadi seorang programmer harus mengikuti perkembangannya. Hasil dari pemrograman mobile dalam bentuk aplikasi yang dapat dijalankan di android dan IOS. Cara menjadi Programer mobile :

1) Install Aplikasi pendukung

Aplikasi pendukung untuk pemrograman mobile digunakan untuk menuliskan kode dan menjalankan aplikasi. Aplikasi pendukung yang digunakan mempunyai ukuran yang sangat besar sehingga memungkinkan PC anda harus diupgrade ke performa yang lebih tinggi. Aplikasi yang wajib diinstall untuk pemrogramman mobile android yaitu android studio.

2) Menjalankan aplikasi sesuai platform

Ketika sudah selesai dalam tahap pembuatan silahkan install aplikasi tersebut sesuai dengan platform nya. Apabila membuat aplikasi untuk android, silahkan di install di smartphone android, ekstensi aplikasi android berupa file APK.

3) Unggah ke Pasar aplikasi

Aplikasi yang anda buat dapat dinikmati secara publik dengan mengunggah ke pasar aplikasi. Pasar aplikasi yang sering digunakan untuk android yaitu google play. Namun untuk mengunggah aplikasi mobile tidak gratis melainkan harus membayar sesuai ketetapan yang telah ditentukan.

4. Mengembangkan Kemampuan coding

Ilmu pemrograman tidak hanya membuat apa yang diinginkan kemudian selesai, namun mengembangkan kemampuan dengan studi kasus lain. Setiap aplikasi mempunyai alur program yang berbeda-beda. Semakin terbiasa menyelesaikan sebuah kasus , maka semakin bertambah kemampuan coding. Untuk mengembangkan kemampuan coding dapat dengan cara melihat aplikasi orang lain dan buat aplikasi melebihi yang anda jadikan pandangan.
Selain dengan menambah studi kasus baru meningkatkan kemampuan coding dapat dilakukan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pihak tertentu. Pelatihan dari pihak lain tentunya akan menambah pengetahuan coding anda, yang awalnya belum mengerti menjadi lebih mengerti.

5. Membuat atau bergabung dengan komunitas pemrograman

Setiap programmer mempunyai karakteristik koding dan kemampuan yang berbeda-beda. Dengan cara bersosialisasi sesama programmer lain maka dapat menambah wawasan baru dan dapat diimplementasikan terhadap diri sendiri. Bukan hanya itu, ketika memberitahu kepada orang lain maka otak cenderung memikirkan apa yang diomongkan, Secara tidak langsung hal ini merupakan sambil melakukan pembelajaran terhadap diri sendiri.

Post Author: Didik Prabowo

Seoarang Software enginering, Instruktur terutama di bifang pemrograman berbasis website, sekaligus admin di situs didikprabowo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About

Didik Prabowo merupakan situs web yang menyajikan informasi dan tutorial pemrograman, Teknologi dan SEO serta membahas Web Design HTML, CSS dan Javascript.
Situs ini juga menyajikan Informasi mengenai pengguna linux.