Site Loader
  Chat
6 Tips memilih nama domain untuk blog yang tepat
Cara memilih domain untuk blog yang tepat – Memilih domain yang tepat untuk blog sangat penting sebelum membuat blog/website, baik blog pribadi maupun web berita informasi. Pada awalnya untuk memilih domain itu akan merasakan sebuah kebingungan, pada dasar domain merupakan sebuah brand /identitas website yang ingin di bangun. Memilih domain hampir sama dengan membuat identitas nama untuk perusaan bisnis, namun ketika bisnis sudah tersedia maka cepat dalam pemilihan domain.
Apa itu Domomain ? Domain merupakan alamat situs website yang berguna untuk membuka halaman website/blog yang telah di bangun, bisa di katakan bahwa domain itu merupakan nama kepemilikan halaman blog. Maka untuk memilih domain untuk blog yang tepat harus sesuai dan baik. Pada tulisan ini saya akan bahas bagaimana cara memilih domain yang baik.

Cara memilih domain untuk blog yang tepat

1. Nama domain yang unik

Domain yang unik akan terasa lebih berkesan dan membuat orang lain mengingat alamat domain anda. Ketika domain yang di buat unik maka dapat mempunyai nilai unik sendiri tentang blog anda. Domain yang unik tentunya belum ada domain yang mirip dengan domain sebelumnya, usahakan untuk memilih domain tidak meniru domain yang sudah ada. 
Ketika membuat domain dengan meniru domain yang sudah ada, maka dalam search engine(mesin pencari) terutama google akan mempunyai dampak bersaing, karena umur blog juga sangat berpengaruh dengan SEO.
Contoh nya : prikitiu.com

2. Nama Domain pendek

Domain yang pendek dapat membuat seseorang/pengunjung dapat menulis kata lebih sedikit, hal itu membuat pengunjung lebih efision untuk membuka situs blog anda. Dengan dmiaun yang pendek membuat visitor mudah mengingat nama domain anda. 
Kita bayangkan semisalnya ada 2 domain yaitu didikprabowoblog.com dan didikprabowo.com, Maka pengunjung lebih enak untuk mengetikan didikprabowo.com dari pada didikprabowoblog.com. Domaun yang pendek juga lebih menarik, faktanya domain yang pendek lebih mahal harganya dari pada yang panjang seperti domain mi.id.

3. Ekstensi yang sesuai

Saat ini ekstensi domain menjadi lebih banyak dari sebelumnya dan tentunya lebih lengkap, untuk membuat nama domain sebaiknya menggunakan nama domain yang populer, ekstensi nama domain yang banyak di minati yaitu .id, .or, .com, .net.,dan .edu Usahakan memilih domain dari 5 ekstensi itu. Pemilihan enkstensi domain sangat penting, karena orang akan lebih percaya ketika banyak melihatnya.
Pemilihan ekstensi domain juga tergantung tema blog anda, ketika blog anda berisi mengenai pendidikan maka domain yang tepat yaitu .edu. Secara umum agar ekstensi blog anda sesuai saya sarankan menggunakan ekstensi .com atau .id.
  • .co , digunakan untuk perusahaan situs website komersial.
  • .info –  digunakan untuk situs website yang bertujuan memberikan info penting.
  • .net –  digunakan untuk website yang membahas atau menyediakan kebutuhan internet.
  • .org –  digunakan untuk website kumpulan non-commercial.
  • .me – biasanya digunakan untuk situs personal, atau rangkuman yang berisi web profil.

4. Tidak mengguakan angka dan simbol

Simbol dan angka merupakan karakter penulisan yang tersedia, ketika menggunakan nama domain menggunakan angka akan maka akan membuat visitor kurang percaya konten yang tersedia. Penggunaan simbol dan angka pada nama domain tidak disarankan untuk situs yang profesional. Contohnya “didikprabowo-1995.com”, Pada umumnya orang lebih suka menulisakan susuanan kata secara bergandeng tidak menggunakan tanda simbol.

5. Nama domain deskriptif

Deskriptit merupakan informasi gambaran umum nama domain tersebut, digunakan untuk menjadi acuan pengnujung, sebgai contoh domain infowonogiri.com, pada domain tersebut jelas bahwa domain tersebut deskriptif menggambarkan isi konten blog tersebut. Usahakan memilih nama domain yang deskriptif agar seseorang lebih mengingat blog anda.

6. Mencari Ketersediaan Domain

Ketika sudah ditemukan nama doman yang di rasa baik silahkan periksa nama domain anda, sudah digunakan orang lain atau belum, ketika nama domain yan ingin anda pakai sudah di pakai orang lain, maka harus mencari domain baru yang lebih baik.

tips dan trik memilih nama domain yang tepat untuk blog

Selain itu anda juga melihat riwayat domain yang di pesan, usahakan memilih nama domain buka domain yang sudah di pakai sebelumnya dan dengan alasan tententu di hentikan. Maka dari itu periksa riwayat nama domain, usahakan memilih nama domain yang belum pernah di pakai orang lain sebelumnya. Dampak yang terjadi ketika memilih domain dengan riwayat domain sebelumnya maka citra masyaratkat terhadap domain tersebut masih terikat denga domain sebelumnya.

Post Author: Didik Prabowo

Seoarang Software enginering, Instruktur terutama di bifang pemrograman berbasis website, sekaligus admin di situs didikprabowo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PRODUK UNGGULAN

Anda tertarik ?

Subscribe to Blog via Email

Dapat kan informasi terbaru dengan memasukan email di kolom ini