Site Loader
  Chat

Laravel merupakan salah satu Framework PHP yang sangat populer digunakan oleh pengembang sistem dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web. Contohnya sistem informasi perpustakaan berbasis web. Sebelum memulai membangun sebuah aplikasi tentunya harus menginstal framework yang ingin digunakan.

Cara Instal Laravel menggunakan composer

1. Langkah pertama silahkan teman-teman unduh aplikasi composernya di situs https://getcomposer.org/ , di dalam situs https://getcomposer.org/ terdapat pilihan donwload sesuai sistem operasi yang anda gunakan. Disitus https://getcomposer.org/ juga terdapat beberapa menu yaitu getting Started yang digunakan untuk memulai penggunaan composer, Documentation berfungsi sebagai dokumentasi cara penggunaan, Github berfungsi untuk menaruh suatu kode program maupun langkah-langkah.

Cara Instal Framework Laravel menggunakan composer

2. Setelah composer berhasil di install, silahkan periksa apakah composer sudah benar-benar terinstall dengan cara membuat CMD(Command Line) dan ketikkan perintah “composer -v”. Sebagai tambahan saya biasa menjalankan composer menggunakan gitbas, gitbas fungsinya mirip dengan CMD tetapi lebih fleksibel dan compleks lagi.

3. Langkah selanjutnya yaitu saya akan membuat project pertama kali menggunakan framework laravel, dengan cara membuka CMD dan ketikkan perintah “composer create-project –prefer-dist laravel/laravel blogsaya“, dalam instalasi ini nama project yang ingin diinstal diberi nama yaitu blogsaya. Anda bebas memberi penanaman projek yang ingin anda buat.

Cara Instal Framework Laravel menggunakan composer

4. Setelah Laravel berhasil di instal, maka project yang telah dibuat dapat diakses melalui 2 cara yaitu dengan Laravel Server maupun menggunakan Web Server Lokal, seperti XAMPP(apache, MySQL, PHP dan Perl). Apabila anda belum tau cara install XAMPP bisa baca tutorial di Cara Install XAMPP.
Saya menjalankan project laravel menggunakan laravel server yaitu dengan mengetikan perintah “php artisan server” pada folder project “blogsaya“.

Cara Instal Framework Laravel menggunakan composer

Projek laravel yang telah anda buat berhasil dijalankan dan dapat diakses di browser.

5. Setelah dijalankan server laravel nya maka terdapat keterangan nama host dan post nya yaitu : http://127.0.0.1:8000

6. Buka URL atau situs yang telah diberikan oleh laravel menggunakan browser, seperti Mozila Firefox atau menggunakan Google Chrome

Projek laravel berhasil diinstal dan dijalankan di sebuah browser. Untuk menambah dipendensi atau library pada framework laravel dapat menggunakan composer yang telah diinstal, seperti ketika kita ingin membuat fitur untuk mengexport data dalam bentuk PDF, maka kita harus menginstal library yang dibutuhkan.

Kumpulan paket laravel tersedia di situs https://packagist.org/ , di sana disediakan banyak paket yang dapat anda install menggunakan composer. Penambahan paket menggunakan composer pada framework laravel terletak di file composer.json.

Di composer.json telah mengidentifikasi sistem yang anda bangun, seperti penggunaan plugin, library dan lainnya. Bukan hanya itu di dalam composer.json ada pengaturan path terhadap sistem. composer sendiri berformat .json ,sehingga file tersebut berbasis javascript. Composer bukan hanya dapat digunakan untuk framework laravel saja, tetapi juga bisa digunakan menambahkan suatu paket yang membutuhkan seperti framework Yii.

Post Author: Didik Prabowo

Seoarang Software enginering, Instruktur terutama di bifang pemrograman berbasis website, sekaligus admin di situs didikprabowo.com.

One Reply to “Cara Instal Framework Laravel menggunakan composer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PRODUK UNGGULAN

Anda tertarik ?

Subscribe to Blog via Email

Dapat kan informasi terbaru dengan memasukan email di kolom ini