Site Loader
  Chat

Jangan Ketipu! Ini 5 Ciri-Ciri Situs Phishing yang Perlu Kamu Tahu –  Salah satu macam website yang di bangun dengan tujuan tidak baik yaitu web phising. Web phising merupakan halaman website denga meniru tampilan desain website lain. Biasanya website yang di tiru website yang menyediakan kolom untuk memasukan email dan password.

Website phising dibangun untuk mendapatkan email dan password untuk masuk kehalaman tertentu. Tidak sedikit yang membuat web ini dengan tujuan mengelabuhi pengguna, Salah satu implementasi web phising yaitu dengan meniru tampilan sosial media facebook, ketika anda memasukan email dan password bukan situs facebook maka email dan password anda terekam oleh pemilik website phising.

Ketika anda kehilangan akun anda maka si pencuri dapat dengan bebas melakukan apa saja yang dia mau sesuai fitur yang anda. Biasanya orang yang mencuri akun anda digunakan untuk kepentingan spam ke sosial media anda.

Sebernya dengan melihat alamat situs URL anda bisa membedakan mana situs yang resmi atau bukan, pasti anda sudah tau situs-situs sosial media dan alamatnya. Ketika alamat web bukan yang anda ketik seperti biasa di jamin itu website phising.

Jangan Ketipu! Ini 5 Ciri-Ciri Situs Phishing yang Perlu Kamu Tahu

1. Tampilannya mirip dengan web yang ditiru.

Website phising dirancang dengan membuat halaman yang relatif sama dengan website yang ditirunya dengan tujuan anda menganggap web tersebut merupakan web aslinya padahal bukan.

Website phising emang mirip, namun ada beberapa kecacatan yang terjadi, kemungkinan perbedaan itu hanya sedikit sekitar 11% an. Biasanya perbedaan itu terlihat dari hal-hal sepele, seperti tombol.

2. Menggunakan domain gratisan

Pembuat web phising cenderung lebih menggunakan hal-hal yang gratis seperti halnya dengan domain. contohnya domain dengan ekstensi .tk, .ml dan lainnya. Ketika anda menemui website dengan akhiran domain tersebut maka website tersebut website abal-abal/tidak terkelola dengan baik.

3. Banyak Broken Link/link rusak

Website phising banyak link yang tidak bisa dikunjungi, karena fokus mereka yaitu membuat inti dari tujuan mereka sehingga tidak mememperhatikan hal-hal yang kurang penting. Biasanya link mati itu dengan teks-teks yang tampil dengan ukuran kecil, sehingga pembangun situs phising tidak memperhatikan itu.

Selain link tidak ditemukan terkadang link tersebut mengarah ke link lain yang belum jelas informasi yang ingin anda dapat.

4. Tidak menggunakan https

Website yang dibangun dengan profesional pasti menggunakan layanan SSL protokol https dengan tujuan membuat situs mereka lebih aman dengan hak kepemilikan sertifikat. Namun berbeda dengan website phising, mereka tidak memperhatikan hal itu, karena anggapan mereka terlalu fokus pada tampilan.

5. Terdapat banyak fitur penawaran gratis

Siapa sih yang tidak tertarik dengan hal yang berbau gratis, salah satunya saya sendiri. Nah biasanya website phising itu menyajikan informasi dengan penawaran situs gratis yang anda dapat padahal pada sebelumya tidak ada. Hal ini digunakan dengan tujuan menarik perhatian anda.

Cara Mengatasi Akun Anda dari Web Phising

1. Mengganti Informasi Akun

Dengan mengganti informasi akun maka pencuri akan kebingungan tentang hal tersebut. Hal yang paling mendasar yang perlu anda ingat yaitu kata sandi. Segera lakukan perubahan pada kata sandi maupun email anda agar akun anda tidak dicuri orang untuk yang kedua kalinya.

2. Bersihkan chace browser yang anda gunakan.

Dengan membersihkan chace/riwayat history browsing anda maka anda tidak lagi kembali ke halaman website phising tersebut. Dan silahkan lakukan bookmark untuk situs-situs yang anda sering kunjungi.

Post Author: Didik Prabowo

Seoarang Software enginering, Instruktur terutama di bifang pemrograman berbasis website, sekaligus admin di situs didikprabowo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PRODUK UNGGULAN

Anda tertarik ?

Subscribe to Blog via Email

Dapat kan informasi terbaru dengan memasukan email di kolom ini