Site Loader
CHAT
PHP(Hypertext Preprocessor) merupakan salah satu dari serangkaian banyak bahasa pemrograman yang populer dengan basis Scripting yang bisa dipahami oleh bahasa komputer untuk membuat aplikasi berbasis web. Bahasa pemrograman PHP diimplementasikan dengan tag HTML, CSS dan Javascript. Pemrograman berjalan disisi server side(di sisi server) yang berfungsi menerima permintaan dari client side(di sisi client/pengguna). PHP bersifat open source, sehingga dapat di jalan di berbagai jenis sistem operasi maupun platform pengguna. Dalam pengembangan pemrograman PHP dapat dilakukan dengan mudah karena banyak dilakukan oleh developers website. 
dalam perancangan website tidak sedikit programmer yang jatuh cinta untuk menggunakan bahasa pemrograman PHP, karena dalam segi penggunaannya mudah dimengerti untuk diterapkan dalam pembangunan suatu aplikasi berbasis website. Bahasa pemrograman ini dapat jalan menggunakan berbagai jenis web server. Dengan menggunakan PHP maka situs web yang dibangun bersifat dinamis, sehingga dapat dilakukan perubahan sewaktu-waktu tanpa mengubah pengkodeannya. Biasanya sintaks dalam pembuatan web tidak lepas dengan namanya data, sehingga dalam pembangunan nya PHP diintegrasikan dengan sebuah basis data yang berguna untuk menyimpan data-data yang diperlukan. 
PHP sendiri mempunyai komunitas atau forum yang besar, sehingga apabila terjadi permasalahan dalam segi teknik pengkodean banyak pihak yang dapat membantu mengatasi permasalahan kode anda. Contoh situs yang menggunakan bahasa PHP yaitu Facebook awal nya dibangun menggunakan PHP native. Jadi tidak dapat diragukan dalam segi performa pemrograman PHP. 

Di bawah ini contok sintaks dasar PHP :

Mengenal Bahasa Pemrograman PHP
Penjelasan kode di atas sebagai berikut :
1.<?php , merupakan sintak awalan untuk mulai penulisan bahasa PHP.
2.  Echo , digunakan untuk mencetak perintah suatu karakter baik string maupun number. 
3.  ?>, merupakan sintaks penutup bahasa PHP.
Bahasa pemrograman PHP mempunyai beberapa bentuk variasi tipe data yaitu : Boolean, Float, Integer, Array, Object dan Resource. Berkas atau file pengkodean mempunyai ekstensi file yaitu .PHP, phtml, php3, php5, phps. Namun dari berbagai jenis ekstensi yang tersedia standar dalam penyimpanan file kode berekstensi .php. Jenis pengkodean PHP terdiri atas 4 jenis yaitu imperatif atau biasa disebut native, Berbasis objek,prosedural dan reflektif. 
Rasmus L merupakan seorang penemu sekaligus penggagas bahasa pemrograman PHP, ditemukan pada tahun 1995. Versi PHP awal mulanya yaitu versi 5.4 , seiring perkembangan waktu dalam pengembangan sampai bulan juli 2018 saat ini mencapai versi 7.1.2. Bukan banya untuk mebangun sistem atau aplikasi berbasis web, PHP juga dapat digunakan untuk membuat suatu tools Contents Management System(CMS).CMS sendiri dibuat untuk memudahkan pengelola website untuk memberi informasi mengenai web yang dikelola. 
Sampai saat ini berbagai variasi pengembangan PHP, bahkan banyak dirancang perusahaan besar mengubah PHP alami menjadi sebuah kerangka kerja yang terstruktur dan mempunyai kemampuan yang luar biasa yang biasa disebut framework. Ada beberapa framework PHP yang populer digunakan oleh developers luar maupun dalam negeri yaitu Laravel, Codeigniter, CakePHP dan masih banyak lagi. Framework PHP dibangun disusun dalam 3 bagian dalam penulisan nya yakni Model, View dan Controller. Dimana Model berguna untuk menangani query dengan database, View untuk menampilkan hasil data dan controller yang menjadi jembatan penangan query dengan tampilan suatu data. 
Bahasa pemrograman PHP dapat digunakan untuk mengembangkan sistem dari dua sisi yaitu dari segi frond-end dan back-end. DI mana back-end berfungsi dalam pembuatan penanganan service API(application programming interface) sedangkan front-end berfungsi untuk menampilkan layanan kepada pengguna. 
Prospek kerja penguasaan teknologi PHP ini banyak dicari perusahaan besar baik di indonesia maupun luar negeri. Namun tidak cukup dengan PHP saja melainkan diintegrasikan dengan Bahasa pemrograman PHP lainnya guna menjadikan suatu website maupun sistem informasi lebih sempurna. Seperti penggunaan PHP dengan Ajax Jquery.

Post Author: Didik Prabowo

Seoarang Software enginering, Instruktur terutama di bifang pemrograman berbasis website, sekaligus admin di situs didikprabowo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About

Didik Prabowo merupakan situs web yang menyajikan informasi dan tutorial pemrograman, Teknologi dan SEO serta membahas Web Design HTML, CSS dan Javascript.
Situs ini juga menyajikan Informasi mengenai pengguna linux.