Site Loader
CHAT
Pengertian dan kegunaan SSL untuk Website

Pengertian dan kegunaan SSL untuk Website – SSL(Secure Socket Layer)  merupakan suatu standar protokol web browser yang berfungsi untuk melindungi halaman website. Keamanan menggunakan SSL dapat dijamin dengan menggunakan kombinasi algoritma dimana alamat resmi suatu web dienkripsi dengan aman menggunakan sertifikat yang telah standar. Untuk website yang data nya sangat di rahasiakan wajib menggunakan SSL salah satu toko online, toko online terdapat transaksi data berhubungan dengan uang.
Untuk mengetahui apakah situs website menggunakan SSL dengan tidak di tandai dengan protokol situs tersebut. Halaman dengan SSL menggunakan protokol Https , sedangkan yang tidak menggunakan hanya menggunakan http. Salah satu contoh website yang menggunakan SSL yaitu halaman yang sedang anda kunjungi ini.

Perbedaan HTTP dengan HTTPS 

Http(Hypertext transfer protocol) adalah protokol pada jaringan aplikasi yang untuk sistem informasi terdistribusi(tersebar). HTTP digunakan untuk mengatur komunikasi antara client dan  server. client adalah user yang meminta permintaan data dan menerima informasi yang diminta sedangkan server adalah yang memberikan informasi yang diminta oleh client tersebut. 
HTTPS sendiri dikembangkan oleh Netscape. HTTPS yaitu sebuah  fitur tambahan yang terjamin keamanannya dari protokol HTTP, berfungsi untuk komunikasi data https  menggunakan keamanan sertifikat dan komunikasi terenkripsi.

Apa itu Sertifikat SSL ?

Sertifikat SSL merupakan sertifikat dalam bentuk digital yang mengelola identitas suatu halaman website  Sertifikat SSL bertugas untuk menjawab yang berisi identitas situs website. Setelah web sertifikat web server di minta maka web server bertujuan mengubah enkripsi kunci sebagai kunci publik. Sertifikat SSL berisi nama yang memegang sertifikat, Nomor Seri, Validasi pemegang sertifikat.

Jenis – jenis SSL 

1. Domain validation merupakan jenis SSL yang dapat dijangkau dengan mudah bagi mengembang website, untuk memiliki SSL domain validation tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya yang mahal. 
2. Business/Organization Validation merupakan jenis SSL yang dirancang untuk suatu organisasi, baik organisasi formal atau non formal. Untuk membuat atau menggunakan SSL ini wajib menyerahkan dokumen data mengenai data organisasi yang dikelola.
3. Extended validation merupakan SSL yang paling canggih untuk melindungi situs website atau bisa dikatakan sebagai primadona SSL. Untuk mendapatkan SSL ini harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal dibanding 2 jenis jenis SSL di atas. Syarat wajib untuk mendapatkan SSL ini juga harus menyerahkan dokumen yang sangat lengkap.

Kelebihan website menggunakan SSL 

1. Website Terlihat lebih Pro
Terbukti dengan menggunakan SSL maka website anda bersifat dan kelihatan lebih profesional dibandingkan dengan website tanpa sertifikat. SSL di tandai dengan ikon gembok dan protokol https maka pengunjung akan berpikiran bahwa website yang dikunjungi terjamin keamanannya. 
2. Google menyukai website menggunakan SSL
Perusahaan Google sangat menyukai suatu situs website menggunakan SSL. Dengan menggunakan SSL maka SEO situs website tersebut akan lebih optimal untuk mendatangkan pengunjung lebih banyak. Di sisi lain untuk mendaftar ke Google adsense agar lebih mudah diterima harus menggunakan HTTPS SSL.
3. Jaminan Keamanan data
Dengan menggunakan SSL maka data akan lebih terjamin keamananya untuk terhindar dari serangan pihak luar yang ingin menghancurkan website kita. Dengan menggunakan SSL terdapat keamanannya enkripsi yang terjamin kekuatannya sehingga dapat terhindar dari pencurian data pribadi.

Post Author: Didik Prabowo

Seoarang Software enginering, Instruktur terutama di bifang pemrograman berbasis website, sekaligus admin di situs didikprabowo.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About

Didik Prabowo merupakan situs web yang menyajikan informasi dan tutorial pemrograman, Teknologi dan SEO serta membahas Web Design HTML, CSS dan Javascript.
Situs ini juga menyajikan Informasi mengenai pengguna linux.