Site Loader
  Chat

Hal yang terpenting untuk mengelola website menggunakan CMS wordpress yaitu halaman admin atau sering di sebut halaman dashboard. Halaman dashboard digunakan untuk memanajemen atau mengelola pada halaman utama website.

Saya rasa semua pengguna wordpress sempat mengalaminya dari yang lambat raja sampai ke sangat lambat. Pengalaman pribadi saya juga sudah pernah mengalami, namun langsung secara cepat saya atasi.

Mengelola halaman wp-admin yang lambat tentunya akan membuat kurang bagus dalam optimasi dan dapat memperlambat data konten yang dihalaman utama.

Penyebab Dashboard WordPress berjalan lambat

Jika di lihat dari infrastruktur website mengenai kecepatan situs website terdapat banyak hal, namun kali ini saya akan bahas intinya yang sangat penting.

  1. Terdapat plugin yang anda gunakan dalam kebutuhan.
  2. Penggunaan sumber daya ajax yang berlebihan pada file file admin-ajax.php.
  3. Pengelokasian memori yang digunakan untuk wordpress terlalu kecil.
  4. Menggunakan hosting gratisan.
  5. Tema terlalu berat.

Cara mengatasi Dashboard WordPress berjalan lambat

1. Mengatasi plugin terlalu banyak

Hal yang di perlukan untuk mengatasi hal ini yaitu dengan memaksimalkan satu plugin yang bisa menghandle plugin lainnya, sehingga tidak perlu banyak plugin yang berceran.

Semakin banyak plugin akan terdapat banyak request ketika mengakses website, dengan hal itu maka akan memperlambat reload halaman.

Namun jika di rasa plugin terlalu buruk jika dihapus, maka anda dapat menonaktifkan saja.

2. Mengatasi sumber daya ajax yang berlebihan pada file file admin-ajax.php.

Telah kita ketahui ajax menggunakan bahasa program javascript yang terkenal dengan kecepatan yang handal maka jika terlalu menumpuk sumber daya yang ada maka akan membuat ajax bekerja lebih extra.

Biasanya masalah ini timbul ketika menggunakan plugin Woocomerce yang digunakan untuk mengelola produk, namun juga tidak menutup kemungkinan untuk plugin lainnya.

Untuk mengetasinya dapat menggunakan plugin Heartbeat, Plugin ini dapat membantu menyelesaikan permasalahn tersebut.


Silahkan install dan aktifkan plugin, langkah berikutnya mengubah frekuensi isi pluginnya ubah menjadi yang paling tinggi, 60 seconds.

3. Mengatasi alokasi memori yang kecil

Secara umum telah kita ketahui ketika menggunakan ukuran memori yang besar akan mempercepat kerja. seperti halnya pada konfigurasi konstanta wordpress.

Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengubah file default-constants.php, yang terletak di wp-include/default-constants.php.

Berikut ini konfigurasi awalnya.

Kemudian ubah menjadi

4. Mengatasi menggunakan hosting gratisan.

Alternatif untuk mengatasi masalah ini dengan coba mengeluarkan sedikit uang untuk memberi paket hosting, untuk pertama tidak usah muluk-muluk dengan ukuran yang terlalu besar. Hal yang paling penting yaitu stabilitas aksesnya.

Sekian solusi yang dapat saya sampaikan.

Terima Kasih.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PRODUK UNGGULAN

Anda tertarik ?

Subscribe to Blog via Email

Dapat kan informasi terbaru dengan memasukan email di kolom ini