Site Loader
  Chat

Relasi Many to Many Elequent ORM pada Laravel – Halo semua kali ini didikprabowo.com ingin melabjutkan tutorial laravel berbahasa indonesia dari sebelumnya. Sebelumnya kita sudah berhasil membuat relasi one to one laravel dan relasi one to many laravel. Kali ini kita akan membahas relasi Many to Many pada Laravel.

Relasi many to many artinya banyak ke banyak, jadi setiap data dapat di miliki oleh banyak data, contohnya yaitu pada implementasi tutorial ini yaitu terdapat 3 tabel yaitu mahasiswa, ukm dan ukm mahasiswa. Jadi setiap mahasiswa dapat mengikuti banyak ukm, dan ukm dapat di miliki banya orang. Berikut ini skema tabel relasi Many to Many Laravel.

Dimana telah terdapat 2 foreign key(kunci tamu) di tabel ukm_mahasiswas. Kita masih menggunakan database yang saya tulis di relasi one to one laravel. Agar dapat anda gunakan saya bagikan file SQL nya di bawah ini.

Silahkan anda import di datayabase yang digunakan.

Langsung saja kita menuju ke projek Laravel.

Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu membuat routing baru, silahkan copykan kode dibawah ini ke projek laravel anda.

Routes/web.php

Routing diatas memanggil fungsi yang ada di controller laravel dengan nama Universitas.php. Apabila anda sudah mengikuti daru tutorial sebelumnya anda tidak perlu membuat lagi , juka belum silahkan buat controlller laravel baru. dan copy pastekan ke projek anda.

app/http/controllers/Universitas.php

Setelah itu kita akan membuat model laravel baru dengan nama Ukm.php. Perlu di ketahui kita mempunyai tabel ukm_mahasiswas. Tapi kita tidak akan menyentuh tabel tersebut , hal ini biasa dinamakan tabel pivot laravel. Jadi di model Ukm langsung berelasi dengan tabel /Mode Mahasiswa. Berikut ini kode nya.

Ukm.php

Berhubung kita juga akan menampilkan dari tabel Mahasiswa maka kita berikan kode model Mahasiswa.php seperti kode di bawah ini.

Apabila sudah di buat model laravel nya, langkah berikutnya kita buat views laravel baru, dengan nama ukm.blade.php. Berikut ini kodenya.

Resources/Views/Ukm.blade.php

Karea koding diatas kita di peruntukan untuk menggunakan blade template maka bikin juga views dengan nama layout.blade.php

Resources/views/layout.blade.php

Selanjutnya langkah terakhir mengakses routingnya , dengan end point /ukm

Maka bisa anda lihat tampilan data yang direlasikan Many to Many Laravel.

Sekian Tutorial Relasi Many to Many Elequent ORM pada Laravel.

Semoga Bermanfaat.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PRODUK UNGGULAN

Anda tertarik ?

Subscribe to Blog via Email

Dapat kan informasi terbaru dengan memasukan email di kolom ini